Ini Alasan Mengapa Ibu Selalu DiMuliakan Dalam Islam



Abu Al Aswad Ad Duali bercerai dengan istrinya, kemudian mereka berebut anak. Masing2 merasa berhak atas anak mereka. Lantas mereka mengadukan persoalan tersebut ke pengadilan di Bashrah. Yang bertindak sebagai hakim adalah Ziyad.

"Apa urusan kalian datang kemari?" tanya Ziyad, sang hakim.

"Dua pihak berebut anak." jawab si istri.

"Baiklah. Pertama aku beri kesempatan kepada pihak istri untuk menyampaikan alasannya." ucap Ziyad.

"Tuan, bocah ini adalah anakku. Perutku adalah tempat dia bermain. Susuku adalah makanannya. Ku tunggu saat dia tidur. Ku jaga saat dia bermain. Begitulah keadaannya selama tujuh tahun. Dan kini saat aku akan memetik buahnya, mantan suamiku dengan seenaknya memaksa mau merebutnya dariku." jelas si istri.

"Dan kini giliran anda, hai Abu Al Aswad. Apa alasan Anda?" kata Ziyad.

"Terima kasih tuan hakim. Bocah ini adalah anakku juga. Bahkan sebelum istriku menjadi wadahnya, akulah wadahnya. Dan sebelum istriku mengeluarkannya, terlebih dulu aku mengeluarkannya." jawab Abu Al Aswad.

"Memang benar tuan hakim. Tetapi sebagai wadah dia membawanya ringan, sedangkan aku membawanya berat. Dia mengeluarkannya dengan syahwat, sedangkan aku mengeluarkannya dengan penuh penderitaan." bantah si istri.

Akhirnya hakim Ziyad berkata, "Demi Allah, wahai perempuan. Anda telah menimbang antara dua dalih secara tepat. Dan anda pun telah membandingkan antara dua alasan dengan jitu. Maka aku tidak menemukan alasan lain kecuali harus menyerahkan bocah ini kepadamu."

*Inilah alasan kenapa Rasululullah ketika ditanya, siapakah orang yg paling layak untuk diperlakukan dengan baik? Jawab beliau adalah ibumu. Saat ditanya, siapa kemudian? Dijawab ibumu. Pertanyaan dan jawaban yg sama terulang tiga kali, baru kemudian dijawab oleh beliau, kemudian ayahmu.

Semoga setelah membaca kisah ini, kita bisa semakin tulus & ikhlas berbakti kepada kedua orang tua. Khususnya IBU.

3 komentar:

  1. Nice Blog!!!Working with a supplier delivering academic translations LosAngeles could remove many language obstacles which often can potentially impair ones education and learning.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Selam admin guzel konular ve guzel site basarilarin devamini bekleriz tanks

    BalasHapus